Senin, 16 Mei 2011

Anjing Kintamani kebanggaan Pulau Bali

Anjing Kintamani Miliki Kemampuan Jadi Anjing Pelacak
Denpasar (BisnisBali)

Anjing Kintamani memiliki kemampuan yang tidak beda jauh dengan anjing ras lainnya. Karakteristik anjing Kintamani yang lebih waspada dan cepat mengerti instruksi pemiliknya, menjadi salah satu kelebihan anjing ras pertama di Indonesia ini.

Bahkan, jika mendapatkan standar pelatihan yang sama, anjing Kintamani juga memiliki kemampuan untuk menjadi anjing pelacak seperti anjing ras lain. Demikian dikemukakan Ketua Perkumpulan Kinologi Indonesia (Perkin) Wilayah Bali, Drs. Ec. I Gede Winten Sumerta, Jumat (29/2) kemarin.

Dikatakan, anjing Kintamani memiliki potensi yang sangat besar menjadi anjing pelacak seperti anjing pelacak jenis herder dan golden retriever. Anjing ras Kintamani termasuk bisa dimanfaatkan untuk melacak narkoba dan bom.

Dijelaskan, materi pelatihan anjing pelacak ini hanya dimiliki oleh kepolisian. Materi pelatihan anjing pelacak ini tidak boleh disebarluaskan kepada masyarakat umum. Anjing Kintamani ini bisa dijadikan anjing pelacak jika ada pelatihan dari aparat kepolisian.

Diakuinya, sampai saat ini aparat kepolisian khsususnya di Bali belum ada yang memberikan pelatihan materi anjing pelacak kepada anjing Kintamani. Ia berharap aparat kepolisian di Bali baik di tingkat Polda maupun kapolsek bisa memanfaatkan anjing lokal Bali ini untuk anjing pelacak.

Anjing Kintamani memiliki ketangkasan yang tidak beda juah dengan anjing ras seperti herder. Anjing Kintamani juga memiliki kemampuan cepat mengerti (kepatuhan) instruksi pemiliknya seperti jenis anjing golder retriever.

Anjing Kintamani juga bisa dijinakan tergantung cara pemiliharaan pemiliknya. Seminggu sekali anjing Kintamani ini mesti diajak jalan-jalan sehingga mudah dijinakkan.

Kelebihan utama anjing Kintamani ini selalu waspada (agresif). Hal itulah mendorong anjing ini umum dijadikan anjing penjaga oleh pemiliknya. Anjing ras Indonesia ini memiliki kekuatan dan keberanian yang tinggi. Keberanian dan tingginya tingkat kewaspadaan anjing Kintamani ini mampu mengalahkan anjing ras jenis golder retriever.

Lebih lanjut dikatakan, anjing Kintamani yang akan dijadikan anjing pelacak tentunya yang pejantan. Anjing Kintamani betina memiliki sedikit kelemahan karena mesti melalui masa Iop (menstruasi) dan masa hamil.

Ini tentunya menjadi kendala bagi jenis anjing Kintamani betina untuk anjing pelacak. Sama halnya anjing pelacak jenis ras lainnya sebagian besar menggunakan anjing jenis pejantan.

Anjing penjantan Kintamani miliki tinggi berkisar 45-55 cm. Postur tubuh anjing Kintamani tidak kalah dengan anjing ras dunia lain. Anjing Kintamani ini mesti mendapatkan pemiliharaan yang baik mulai dari mengajak jalan-jalan termasuk dimandikan setiap seminggu sekali.

Winten Sumerta menambahkan dari segi kesehatan anjing ini juga perlu vaksinasi mulai umur 2-6 bulan. Vaksinasi ini meliputi distemper, hapatcau, parvo, dan leptosper. Vaksin ini untuk melindungi anjing Kintamani berbagai penyakit. Vaksin pada anjing Kintamani mesti dilanjutkan setiap 6 bulan sekali.

Wakil Ketua Komisi Anjing Kintamani Bali, Drh. Wayan Sutapa, M.Si., mengatakan, hal yang sama anjing kintamani memiliki intelegensi yang cukup tinggi. Kelebihan ini yang membuat anjing Kintamani ini bisa disetarakan dengan anjing ras yang lain seperti herder, golder retriever termasuk anjing ras dunia lainnya






Lucu Lucu yah ada yang minat untuk memelihara anjing Kintamani ?
Kita bisa liat keberadaan anjing ras khusus ini dengan perjalawanan wisata ke Kintamani


Jangan lupa kalau ke Bali , gunakan jasa kami

Humble Bali Paradise Tour team

di Rosita_ayu ( 081999032805)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger